Jumat, 24 Mei 2013

Setelah Lulus Apa Yang Akan Kau Perbuat



Alhamdulillah, baru- baru ini, dunia pendidikan Indonesia sudah mengumumkan kelulusan hasil ujian nasional. Ketika sebelumnya semua siswa telah menyibukkan dirinya dengan belajar dan berdoa. Sekarang semua telah memperoleh hasil dari apa yang telah mereka usahakan selama belajar di madrasah dan sekolah masing- masing.


Namun yang perlu kita perhatikan sebagai orang tua, guru, pemerintah, dan masyarakat adalah apa yang akan diperbuat setelah memperoleh kelulusan. Hal ini jarang sekali kita perhatikan. Menjaga, mengawasi, dan menasehati mereka supaya tidak terjerumus kedalam lubang yang gelap dan mencekam merupakan sebuah keharusan bagi kita semuanya. Jadi kita perlu bekerja sama untuk selalu memperhatikan semua pergerakan mereka. Jika lurus kita dorong dan dukung, akan tetapi jika belok dan hilang arah tujuan, kita tunjukkan jalan yang benar kepada mereka.

Dan sudah menjadi pemahaman umum bagi khalayak masyarakat kita, biasanya ada beberapa siswa yang merayakan kelulusan mereka dengan mencorat- corat baju mereka.


Meskipun senang dengan hasil kelulusannya, alangkah lebih baik dan terpuji jika para siswa dan siswi tidak melakukan hal yang demikian.

Ada juga yang merayakan kelulusan mereka dengan pesta miras dan narkoba.


Sudah jelas sekali bagi kita ummat muslim bahwa minuman keras dan narkoba adalah haram untuk dikonsumsi. Dan masih banyak lagi hal- hal negative yang dilakukan, naudzubillah min dzalik

Namun diluar kumpulan orang- orang yang demikian itu, sebenarnya masih banyak juga yang merayakan kelulusan dengan cara tasyakuran, sujud syukur bersama, dll. 


Harapan dan doa kita adalah  semoga Allah menjadikan kita semua, menjadi hamba yang pandai mensyukuri nikmat yang telah diberikan, kelulusan ini adalah anugerah yang Allah berikan kepada semua siswa yang berusaha keras dengan belajar dan berdoa. Meskipun ada juga yang tanpa dengan usaha dan belajar sungguh- sungguh toh mereka juga lulus dengan cara mencontek, tentu hal yang semacam ini tidak patut kita tiru.

Mereka semua adalah generasi penerus yang akan menegakkan kalimat Allah, harapan kita terhadap mereka generasi penerus agama Islam ini adalah terintregasinya antara Iman, Ilmu dan Amal. Saling terkaitnya antara Aqidah, Akhlaq dan Syari’ah, dan terhubungnya Islam, Iman dan Ihsan. Sehingga Negara Indonesia ini akan lebih baik dan maju dalam segala bidang dan aspek kehidupan baik urusan dunia maupun dalam orientasi akhirat dan tidak sekuler. Wallahu ‘alam bi shawab

 Penulis; Mohammad Harir Saifu Yasyak, S.Fil.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar